Instalasi Laravel 5 di Mac OS X

Okeh guys, gw sebenarnya baru neh colek-colek Laravel, gw biasa maen iOS, Android sama PHP native. Gw bingung juga neh mau mulai dari mana :(. Daripada kelamaan okelah langsung kita mulai saja kalau begitu:

1.  INSTAL COMPOSER
Composer itu apa sih. Gw sendiri belum tahu guys. Di situs laravel sendiri itu menyebutkan seperti ini:
"Composer is a tool for dependency management in PHP. It allows you to declare the libraries your project depends on and it will manage (install/update) them for you"
Bahasa Inggris lagi tuh, mana gw kagak ngarti lagi. heheeh. Bercanda coy. Kalau menurut penterjemahan menurut gw, "Composer sebuah tool (alat) yang berkaitan dengan management PHP. Seperti perizinan untuk mendeklarasikan librari yang berkaitan / yang akan dipakai pada project / aplikasi kita, seperti mengatur install dan update librari tersebut". Maap neh ye, kalau ada kepleset terjemahannya.
Adapun cara instalnya, pertama buka terminal, kemudian ketik seperti di bawah ini:
curl -sS https://getcomposer.org/installer | php
Jika sudah sukses instal composer, maka akan ditampilkan seperti di bawah ini:



Kemudian pindahkan file tersebut ke tempat yang bisa diakses secara global. Ketik di terminal seperti di bawah ini:
mv composer.phar /usr/local/bin/composer
Jika sudah dipindahkan, untuk pengecekan composer sudah terinstal di mac, silahkan ketik di terminal sbb:
composer
Maka akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini jika composer tersebut sudah terinstal.

2.  INSTAL LARAVEL 5

Pindah ke folder yang akan dituju untuk instalasinya, karena saya menggunakan xampp untuk menjalankan php nya, maka saya akan mengarahkan ke folder htdoc pada xampp tersebut. Ketik di bawah ini untuk pindah ke folder yang akan dituju:
cd /Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs/
Untuk menginstal laravel, ketik seperti di bawah ini:
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel [nama folder]
Jika sudah selesai instal, maka akan ditampilkan seperti di bawah ini:
Kemudian masuk ke folder yang sudah kita instal laravel tersebut, karena aye tadi nama foldernya laravelku, jadi kita masuk ke folder laravelku, ketik di bawah ini di terminal:
cd laravelku
Untuk mengecek versi laravelnya, ketik seperti di bawah ini di terminal:
php artisan -V

Untuk melihat tampilan laravel pada browser, dipastikan terlebih dahulu xampp nya running untuk apachenya.
Kemudian running php artisannya sbb:
php artisan serve
Untuk melihat file laravelnya jalan apa tidak, ketik sbb:
http://127.0.0.1:8000/
 






Comments

Popular posts from this blog

Hello Word Laravel

Setting Path Java di Mac OS