Hello Word Laravel


Oke guys, kemarin kita sudah meninstall laravel di macbook. Sekarang kita coba untuk perkenalan dengan laravel. Biasanya neh, kalau di buku-buku tutorial kalau pertama begini pasti nyebutnya "Hello Word". Mungkin bete juga kali yak kebanyakan cingcong. Okelah kalau begitu.

Adapun langkah-langkahnya :

1.   Jalankan php artisannya. Di tutorial sebelumnya belum dijelasakan yak php artisan itu apa. Okelah   kalau begitu, mungkin mirip apache kali ya. Soalnya kalau kita jalankan php artisan tanpa apache masih bisa jalan euy. Adapun untuk menjalankan php artisan, ketik di bawah ini di dalam terminal :

php artisan serve



Jangan lupa yo, ip / url nya dicatat yang diblok biru.



2.  Setelah menjalankan php artisan, kemudian buka ip / url yang diblok biru di browser yang kamu suka.




















3.  Karena tampilan tersebut default dari instalasi, sekarang kita mau ganti menjadi file hello word yang kayak di buku-buku tutorial. Yaitu masuk ke folder instalasi laravelnya kemudian masuk ke folder resources -> views kemudian buat file dengan nama : misalkan "datang.blade.php". Gw juga bingung kenapa nama filenya harus ada extension .blade. Apa dia terigla-gila dengan film blade. Bodo teing ah. Lanjut, ketik di dalam file tersebut dengan kata sbb :

<?php

echo "Test";

?>




























4.  Kemudian kita masuk ke folder routes buka file web.php, ubah isinya seperti gambar di bawah ini:























5. Refresh kembali halaman browser yang beralamat http://127.0.0.1:8000/ atau http://localhost:8000/ . Jeng jeng jeng tara, jadi deh halaman hello word . :)



Comments

Popular posts from this blog

Setting Path Java di Mac OS

Instalasi Laravel 5 di Mac OS X